Peresmian Gedung Pondok Pesantren Kebon Djati Ashabul Ahmar, Desa Citalang Purwakarta

Prokompim (15 Agustus 2023), Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri sekaligus meresmikan Gedung Pondok Pesantren Kebon Djati Ashabul Ahmar, Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. 

Bupati Purwakarta mengucapkan terima kasih kepada pimpinan beserta jajaran yayasan Ashabul Ahmar sebagai salah satu pengelola pondok pesantren di wilayah Kabupaten Purwakarta, yaitu Pondok Pesantren Kebon Djati Ashabul Ahmar, yang berkontribusi dalam upaya melahirkan generasi-generasi islami, cemerlang, sumber daya manusia yang berkualitas dan berguna bagi bangsa dan negara. 

Peresmian Gedung Pondok Pesantren Kebon Djati Ashabul Ahmar ini merupakan upaya konkrit bersama dalam mencapai visi Kabupaten Purwakarta yaitu “Mewujudkan Purwakarta Istimewa”.

Bupati Purwakarta mengapresiasi dan mendukung penuh langkah, niat baik, dan ikhtiar yayasan dan pondok pesantren ini untuk berperan aktif memajukan dunia pendidikan dan keagamaan melalui revitalisasi pembangunan gedung pondok pesantren, sekaligus untuk merespon dan menjawab keinginan dan kebutuhan santri/santriwati dan masyarakat.

Diharapkan dengan berdirinya Gedung Pondok Pesantren Kebon Djati Ashabul Ahmar ini dapat memberikan tambahan manfaat dan maslahat tidak saja bagi para santri/santriwati tapi juga bagi masyarakat di sekitar pondok pesantren, serta sebagai sentra kegiatan belajar mengajar, pelatihan keterampilan, dan pemberdayaan masyarakat.

Hadirnya pondok pesantren ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi dan lebih luas lagi untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Purwakarta. Peran para Kiyai dan pengajar di pondok pesantren sangatlah penting dalam rangka menanamkan ajaran islam dan membimbing para santri/santriwati menjadi generasi yang soleh dan solehah, cerdas, terampil, dan mandiri.

Pondok pesantren adalah garda terdepan dalam mewujudkan islam yang rahmatan lil alamiin di negara ini. Sumber daya manusia (SDM) unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat. 

Ada hadist yang menegaskan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya, memiliki semangat untuk berkompetisi, semangat fastabiqul khairat, melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, cinta tanah air, dan berakhlak mulia atau berakhlakul karimah.

Bupati Purwakarta mengajak seluruh komponen masyarakat agar memberikan kontribusinya dalam pembangunan di Kabupaten Purwakarta. Mari membangun sinergitas, kolaborasi dan kebersamaan yang meningkatkan kesejahteraan Kabupaten Purwakarta di berbagai bidang, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan bidang lainnya.

Bupati Purwakarta meresmikan secara langsung Gedung Pondok Pesantren Kebon Djati Ashabul Ahmar-Citalang dengan menggunting pita dan menandatangani Prasasti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Rijalul Ansor Jawa Barat, Pimpinan Yayasan Ashabul Ahmar, Pimpinan Pondok Pesantren Kebon Djati-Citalang, Ketua PCNU Kabupaten Purwakarta, Unsur Forkopimda Kabupaten Purwakarta, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Purwakarta atau yang mewakili, 

Asda, Camat, Lurah dan Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Insan Pers, serta masyarakat.