Pembukaan Program UMKM Juara Jabar 2023 Kabupaten Purwakarta bertempat di Aula Kantor BJB Cabang Purwakarta

Prokompim (17 Mei 2023), Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri sekaligus membuka Program UMKM Juara Jabar 2023 Kabupaten Purwakarta, bertempat di Aula Kantor BJB Cabang Purwakarta.

UMKM Juara Jabar ini sudah berjalan selama 5 tahun. Bupati Purwakarta mengucapkan selamat kepada seluruh peserta UMKM Juara Jabar 2023 yang berasal dari Kabupaten Purwakarta yang telah lolos dan terpilih dalam program pendampingan selama 4 bulan kedepan yaitu sebanyak 150 UMKM, dengan target se-Jawa Barat untuk tahun 2023 ini sebanyak 4.500 UMKM. 

Para juara UMKM yang terpilih ini memiliki peluang untuk dapat meningkatkan usahanya sehingga dapat naik kelas. Maka peluang ini diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya dan terbukti bahwa UMKM di Kabupaten Purwakarta dapat bersaing di level nasional bahkan lebih luas lagi untuk menuju ke arah ekspor. 

Selamat untuk para pendamping UMKM yang telah terpilih untuk membantu peserta UMKM di Kabupaten Purwakarta agar di fasilitasi dan didampingi dari kendala-kendala dan hambatan yang ada, serta dalam pengembangan usahanya. 

Pemerintah Kabupaten Purwakarta sangat mendukung terlaksananya kegiatan UMKM Juara Jabar tahun 2023 ini, sesuai tema yang diangkat yaitu “UMKM naik kelas berdaya saing global berbasis digital”. 

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berupaya untuk mendorong para pelaku UMKM untuk melek akan tenologi. Di era digital ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat lebih berinovasi dengan memanfaatkan jejaring pasar online sebagai akses pemasarannya.

Upaya yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Purwakarta yaitu memberikan pelatihan digitalpreneur kepada para pelaku UMKM baru. Untuk kedepannya, akan dilatih dan diberi beberapa pemahaman seperti broadcasting, bisnis e-commerce, digital content, e-learning dan bisnis afiliasi.

Diharapkan produk UMKM lokal dapat naik kelas dan dapat bersaing di pasar global, di didukung dengan adanya Aplikasi e-commerce topur (toko purwakarta) yang bisa digunakan oleh para pelaku umkm dalam memperluas pasarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat atau yang mewakili, Sekretaris DKUPP Kabupaten Purwakarta, Pimpinan Cabang BJB Kabupaten Purwakarta, Koordinator Daerah UMKM Juara Kabupaten Purwakarta, Para pendamping dan peserta UMKM Juara Kabupaten Purwakarta tahun 2023, dan tamu undangan lainnya.